Kebersamaan dalam Darul Huda Mayak

Ada Gubug Gan

Kamis, 15 Maret 2012

Tugas Waktu Cari Ilmu

<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE


TUGAS MATERI ARSITEKTUR KOMPUTER

1. Perbedaan Organisasi computer dengan Arsitektur Komputer.

Organisasi Komputer : merupakan bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional.

Contoh: Teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal control.

Arsitektur Komputer : atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.

Contoh: set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O (Input/Output)

2. Definisinya adalah:

- Firmware adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada rutin-rutin perangkat lunak yang disimpan di dalam Read-Only Memory(ROM). Rutin-rutin yang mampu menyalakan komputer (startup) serta instruksi input/output dasar (semacam BIOS atau sistem operasi embedded) disimpan di dalam firmware. Firmware ini dapat dimodifikasi jika firmware tersebut disimpan dalam EEPROM atau Flash ROM, namun jika disimpan di ROM maka tidak dapat dimodifikasi, hal ini dilakukan vendor untuk memproteksi firmware tersebut dengan tujuan diantaranya untuk keawetan dari hardware tersebut. Jadi intinya firmware sebenarnya juga kategori software namun firmware ini bekerja untuk menghubungkan hardware dengan software.

- ALU (Arithmetic And Logic Unit) adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosessor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian taupun juga pembagian, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND, OR atau juga IF.

- CU adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut.

- Register adalah merupakan bagian internal memori dari mikro prosessor yang dapat diakses dengan kecepatan tinggi yang membantu ALU (Arithmatic Logic Unit) dalam memproses data di dalam CPU. Jadi dalam melakukan pekerjaannya mikroprosessor selalu menggunakan register-register sebagai perantaranya, register dapat juga disebut sebagai kaki tangannya mikroprosessor atau bisa dianggap sebagai wakil variabel.

3. Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :

- Sistem Operasi (Operating System),Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, Machintos dan Unix

- Program Aplikasi (Application Programs), Contoh : program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain

- Bahasa Pemrograman (Programming Language), Contoh : BASIC, COBOL, FOXPRO,PASCAL, FORTRAN, Visual Basic, Delphi, Visual C++

- Program Bantu (Utility) , contoh : Norton Utility ,WinRAR ,Ghost , Antivirus, Defragmenter.

4. Brainware merupakan user ataupun orang yang mengoperasikan computer atau yang menerima hasil dari output computer. Sedangkan Hardware merupakan komponen-komponen perangkat keras dari komputer yang saling berhubungan dan terdiri dari beberapa komponen yang dapat bekerja sesuai fungsinya masing-masing, diantaranya:

- Input device (unit masukan) contohnya: keyboard, mouse, scanner.

- Process device (unit pemrosesan) dalam hal ini contohnya CPU

- Output device(unit hasil) contohnya: monitor, printer

- Storage device(unit penyimpanan) contohnya: hard disk

- Peripheral device (unit tambahan) contohnya: TV Tuner, Modem, Card reader.

User atau pengguna komputer akan memberikan masukan atau perintah lewat hardware tersebut dan kemudian system akan memproses serta memberikan nilai balik berupa output dari hasil proses tersebut.


Sumber : Googling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika gak punya akun silakan pake profile Anonymous