Kebersamaan dalam Darul Huda Mayak

Ada Gubug Gan

Selasa, 23 Maret 2010

Santri dengan secangkir kopi



Berbagai ragam cara dan trik dalam keberhasilan suatu pendidikan atau penyampaian materi kepada siswa, baik di dunia pendidikan sekolah, perkuliahan dan juga pesantren.

Suatu ketika saat saya berkunjung ke sebuah pondok yang masih belum lama berdiri, tapi dari situ aku melihat suatu aktifitas dari santri dan ustadz saat proses "ngaji" atau penyampain materi dari kyai ke santri / guru ke murid.

Aku melihat ada keakraban dalam situasi itu, dengan alas tikar dan lesehan mereka beraktifitas, di mana sang guru dan santri begitu santai dengan secangkir kopi di samping kitab yang mereka pelajari. Melihat hal itu saya coba beranikan diri untuk bertanya kepada sang guru "mengapa para santri diperbolehkan membawa secangkir kopi saat ngaji?". Sang guru menjawab "Yo supoyo podo ora ngantuk mas..." (supaya para santri gak ngantuk mas...)

Kemuadian ketika malam mereka berpindah ke gedung sebelah, ternyata itu adalah sebuah laboratorium komputer yang sudah terkoneksi dengan internet, di situ mereka belajar dan mencari informasi seputar dunia pesantren, agama dan tentunya juga segala hal yang berkaitan dengan kehidupan mereke di pesantren dan kehidupan setelah mereka selesai dari pondok pesantren tersebut.

Note: sumber gambar saya donlot tapi saya lupa dari situs mana, bagi yang merasa memiliki gambar tersebut saya minta ijin untuk postingan perdana saya ini. Tengkyu. . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika gak punya akun silakan pake profile Anonymous